Langsung ke konten utama

Kurikulum Pendidikan Indonesia


Indonesia bisa dibilang cukup maju dibidang pendidikan. Indonesia memiliki kurikulum yang rinci dan ter-update setiap periode. Kini permasalahan orang miskin tak bisa sekolah pun mulai diatasi dengan banyaknya beasiswa yang disediakan oleh pemerintah. Beasiswa SD hingga perguruan tinggi. Namun demikian, ketika seorang pelajar SMA kelas 3 menghadapi masa kelulusan, mereka akan mulai bingung.
Ya. Bingung.

Bingung tentang apa yang akan mereka pilih. Bagaimana tidak? Pada waktu SD, siswa diwajibkan mempelajari begitu banyak mata pelajaran, dilanjutkan SMP yang juga begitu banyaknya, kemudian SMA kelas 1 yang makin banyak dan setelah kelas 2 mata pelajaran mulai difokuskan pada pilihan siswa. Apakah IPS, IPA, atau bahasa. Pada pilihan ini mata pelajaran akan begitu berat dan lebih dalam dipelajari. 

Setelah lulus dan memutuskan untuk mengambil ujian serentak masuk PT, siswa tak bisa lagi pindah ke jurusan lain, atau paling tidak butuh ekstra tenaga untuk mengambil IPC. Untuk IPA ke IPS masih dapat dipelajari secara singkat, namun untuk IPS ke IPA perlu banyak waktu untuk mempelajarinya. Jadi, pilihan paling aman adalah sudah memutuskan jurusan yang akan diambil ketika masih kelas 1 SMA agar tak salah pilih.


Namun permasalahannya adalah bagaimana seorang siswa bisa menentukan apa pilihannya, apa bakatnya ketika mereka dihadapkan pada begitu banyak mata pelajaran dalam waktu yang lama dan harus memilih pada jangka waktu yang singkat. Yang ada, siswa akan kewalahan dan merasa tidak berbakat dalam semua bidang, atau sebaliknya ada siswa yang dapat menguasai semua mata pelajaran namun hasilnya ia tidak fokus pada pilihan dan bakatnya.

Untuk beberapa siswa yang telah diarahkan oleh orang tuanya memang beruntung, missal dalam bidang non akademik seperti atlit, musik, seni, dsb. Untuk yang orang tuanya dokter, biasanya menurun pada anaknya, polisi, tentara, dsb akan menjadi figur yang membanggakan bagi anak-anak.
sumber:informasipendidikan.com

Namun, bagaimana dengan siswa yang tak memiliki keahlian dalam bidang olahraga, musik, seni dan tidak profesi orang tuanya bukan figur yang diidamkan? Yang ada siswa tersebut akan bimbang dengan segala keputusannya, mudah menerima saran dan kritik dari orang lain yang sebetulnya belum tentu membangun namun malah makin menggoyahkan keputusan.

Coba bayangkan apa yang terjadi bila sejak kecil anak diberi banyak pilihan baik dari bidang akademik maupun non akademik. Kemudian ia akan mencoba segala pilihan dan akan menekuni apa yang kemudian ia sukai. Ia akan fokus pada apa yang ia sukai tanpa perlu mempelajari hal yang tidak perlu dalam bidangnya.

Bagaimana dengan mata pelajaran yang lain? Pada akhirnya semua mata pelajaran bagi seorang atlit, seniman, dsb tidak berguna. Bagi seorang dokter hanya ilmu kedokteran saja yang diperlukan. Ketika kuliah yang dipelajari juga semakin sempit, keahlian pun semakin sempit. Semakin kita mengambil magister dan doktor maka akan dihadapkan pada pilihan lagi di mana pilihan itu akan makin membuat kita memahami betul bidang yang kita pilih namun mempersempit hal di luar bidang tersebut. Misal saja jurusan kimia, pada tingkat sarjana, kimia akan dibagi menjadi berbagai konsentrasi, tergantung kebijakan kampus, ada yang dibagi menjadi pangan, lingkungan, dan material. 

Pada hal ini, kimia pangan tak tau menau tentang kimia lingkungan, begitu juga sebaliknya. Padahal masih satu jurusan, apabila nanti sarjana kimia pangan akan terjun di masyarakat dan diminta untuk menyelesaikan masalah lingkungan, maka jawabannya belum tentu bisa, karena pada semester 5 mahasiswa tak mempelajari mata kuliah konsentrasi selain yang dipilihnya. Pada tingkat magister jurusan kimia akan dibagi lagi menjadi kimia organik, analitik, anorganik, dan fisik, begitu seterusnya yang terjadi pada semua jurusan.

Pada akhirnya kita hanya akan mempelajari dan memahami betul sebagian dari apa yang telah dipelajari selama ini. Jika ditotalkan dari SD maka hanya berapa persen yang pada akhirnya dikuasai. Bukan hanya itu, apa yang dikuasai tak akan bergunan jika tak diaplikasikan. Dan seberapa banyak sarjana yang dapat mengaplikasikan ilmunya mengingat begitu banyak pelajaran yang telah dipelajari.

Kembali lagi dengan profesi dimasa depan. Apa yang terjadi bila sejak kecil tak mempelajari mata pelajaran? Baca, tulis, hitung merupakan hal dasar yang perlu dipelajari. Selain itu, setiap orang akan mempelajari sendiri di dunia luar sesuai dengan passion nya. Misal seorang pembalap yang sering bertanding di luar negeri tentu akan mengambil kursus bahasa Inggris tanpa ada yang menyuruh atau memaksa, karena itu adalah keharusan jika ia ingin dapat berkomunikasi dengan baik ketika ia berada di luar negeri. Setiap orang akan mencari tau sendiri tentang apa yang membuatnya penasaran, maka mata pelajaran sebanyak itu tak diperlukan lagi.

Begitulah pandangan saya terkait kurikulum pendidikan Indonesia. Semoga cita-cita saya dapat terwujud yaitu memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih dan fokus pada bakatnya sejak kecil. Mari jadi bangsa yang cerdas, jadi orang tua, guru, dan masyarakat yang cerdas. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malas, sudut pandang Kimia

Memang malas bisa dipelajari dari kimia? Jawabannya Ya. Tentu bisa.  Kenapa bisa begitu?  Karena manusia sendiri adalah makhluk kimia. Coba kita bedah badan kita, dari yang paling umum deh. Kita hidup butuh bernafas, nah yang kita hirup itu oksigen (O2). Senyawa kimia kan? kemudian ketika oksigen masuk ke dalam tubuh siapa yang mengikat oksigen? Darah. Iya darah. Darah itu apa sih? Kok bisa mengikat oksigen? Tentu saja darah itu senyawa kimia Struktur darah merah (sumber:sigmaaldrich.com) Nah itu baru darah. Belum yang lainnya, misal di dalam tubuh kita ada enzim.  Kalau buka kamus enzim itu biokatalisator. Katalis sendiri adalah senyawa yang berfungsi untuk mempercepat suatu reaksi, atau isitilah kerennya menurunkan energi aktivasi.  Gak perlu dijelaskan apa itu energi aktivasi karena ini bukan kuliah tentang reaksi kimia ya. Nah terus enzim itu sebenarnya apa sih kok bisa mempercepat reaksi. Enzim itu suatu protein. Protein itu setau kita kan nutrisi tub

Kenali Musuhmu

Haram Sayyidah Fathimah Al Maksumah Zhareeh Imam Khomeini Benarkah kita Husseiniyyah? Refleksi Asyura Oleh:  Mahdiya AzZahra . Bismillahirrahmanirrahim Allahumma shalli ala Muhammad wa ali Muhammad  . Siapakah musuh kita yang sesungguhnya?  Banyak dari kita saat ini saling membenci, mengumpat, melontarkan ujaran kebencian, menyindir, mencibir, bahkan mungkin dengan kata2 yang tidak pantas diucapkan oleh orang yang mengaku beragama, mencelakai, menyakiti, meneror, dsb. Agama berisi syariat yang sesuai dengan jiwa manusia dan mengantarkannya menuju kesempurnaan. . Faktanya, orang2 yang mengaku beragama justru bertolak belakang dari hakikat agama itu sendiri. Darimanakah ini semua berasal? Sesungguhnya apa dan siapa yang kita benci? Kita sebut kelompok lain adalah musuh kita. Marilah kita berpikir kembali benarkah ia musuh kita?  . Apakah ia Syimran (pembunuh Imam Hussein) ataukah ia Yazid (tuannya Syimran) atau justru ia adalah pengikut Imam Hussein. Syimran dengan jelas mengata

Rumah Imam Khomeini

Tempat Imam menyampaikan kajian Kitab-kitab karya Imam Ruangan  Pintu dalam rumah Imam Pintu depan rumah Imam Di rumah ini pertama kalinya Imam Khomeini menyuarakan perlawanannya terhadap rezim. Di rumah ini pula Imam dikepung oleh tentara rezim. Ketika para tentara itu mengepung rumah Imam, Imam mengatakan pada keluarganya, "Kalian tidak ada urusannya dengan mereka, tetaplah disini dan biarkan aku yang menghadapi mereka sendiri." Kemudian Imam keluar rumah, seketika para tentara itu gemetar karena aura sufi sang Imam, betapa mulianya Imam Khomeini hingga para tentara yang baru melih atnya saja sudah gemetar. Para tentara dengan tubuh yang masih bergetar itu akhirnya membawa Imam menuju Tehran untuk diasingkan dan sepanjang perjalanan itu pula para tentara gemetar merasakan aura Sang Sufi itu. Imam kemudian diasingkan ke Irak, Turki, dan Perancis. Rumah Imam Khomeini itu kemudian dijadikan basis perlawanan terhadap rezim hingga akhirnya r