Langsung ke konten utama

Asal-usul sekolah, Menanggapi full day school

Jika membahas tentang sejarah ilmu pengetahuan tentu akan mengantarkan kita kembali pada negeri para dewa, tempat lahirnya para filsuf dunia yang hingga kini teori-teorinya masih kita jadikan rujukan. Ya, Yunani (Greece). Sejarah sekolah pun tak lain halnya dengan ilmu pengetahuan yang diawali dari negeri ini.

 Sekolah berasal dari bahasa Yunani (Greek) yaitu scholÄ“ yang berarti leisure atau waktu luang. Disebut waktu luang pada zaman itu karena di Yunani sendiri menggunakan sistem kasta yang mana terdapat bangsawan dan rakyat jelata. Rakyat jelata dari orang tua hingga anak-anak melayani para bangsawan dari pagi hingga pagi. Berbeda dengan rakyat jelata, para anak-anak bangsawan tidak memiliki kegiatan yang berarti pada saat itu, sehingga mereka memiliki banyak waktu luang yang mereka sebut sebagai scholÄ“


Waktu luang ini kemudian mereka isi dengan belajar dan berdiskusi, mengingat banyaknya filsuf dan teori-teori baru yang berkembang pada masa itu. Dari sinilah waktu luang yang diisi dengan belajar dan diskusi mulai berkembang. Filsuf muda seperti dikisahkan dalam film “Agora” akan dengan senang hati membagikan ilmu dan pemikirannya kepada kaum bangsawan muda yang tentunya akan dilanjutkan dengan diskusi. 


Kegiatan ini berlanjut hingga istilah waktu luang (scholÄ“) ini mulai berganti makna menjadi kegiatan belajar dan berdiskusi bagi kaum bangsawan. Mereka juga mulai menyediakan bangunan khusus untuk anak-anak bangsawan belajar dan menghabiskan waktu luang mereka hingga kini kita kenal dengan sebutan academy. Istilah ini kemudian diserap ke dalam bahasa Inggris sebagai school dan bahasa Indonesia menjadi sekolah dengan makna yang sudah berubah.  


Schole Yunani (sumber: film Agora)
Yunani menjadi Negara dengan ilmu pengetahuan paling maju hingga orang-orang dari belahan dunia pergi ke sana untuk belajar termasuk orang Islam dari Timur Tengah. 

Kegiatan sekolah pun dilaksanakan di Timur tengah dengan istilah madrasah. Madrasah sendiri berasal dari kata darasa yaitu belajar, sedangkan madrasah sendiri berarti tempat untuk belajar.


Semakin berkembangnya zaman istilah sekolah diartikan menjadi suatu bangunan dan sistem yang digunakan untuk belajar. Pentingnya belajar pada zaman dahulu dikarenakan muncul teori-teori baru sehingga perlu diketahui oleh semua orang. Hal ini mengakibatkan perubahan pada hukum belajar yang tadinya hanya sukarela menjadi wajib.

 Indonesia sendiri telah mewajibkan belajar 12 tahun (WaJar 12 tahun, SD-SMA). Namun banyak orang tersesat dengan isitilah ini, karena belajar dilakukan di suatu lembaga pendidikan maka belajar diartikan menjadi sekolah, yang intinya masyarakat harus sekolah minimal 12 tahun, padahal esensi dari sekolah ini adalah belajar. Yang mana belajar bisa kita lakukan dimana pun dan kapan pun, tanpa bangunan dan sistem yang diselenggarakan oleh suatu lembaga.

Madrasah (sumber:wikimedia.org)
Madrasah (sumber:turkulkusu.com)

Jika kita menilik asal usulnya, istilah sekolah sendiri merupakan waktu luang yang mana anak-anak pada zaman itu memang menginginkan belajar dan berdiskusi karena tak ada kegiatan, di mana pendidikan karakter dan adab dalam kehidupan bangsawan sudah mereka pelajari di rumah masing-masing. 

Sekolah hanyalah tempat untuk menghabiskan waktu luang dan tak akan menguras waktu mereka untuk mengerjakan kegiatan yang lain. Dalam bahasa Arab pun madrasah adalah tempat belajar bukan tempat yang akan menguras waktu anak-anak.


Sebelum adanya wacana full day school sendiri, sekolah di Indonesia sudah menguras banyak waktu, kalaupun pulangnya tak terlalu sore maka tugas-tugas sudah menguras waktu anak-anak. Sekolah kini menjadi kegiatan utama anak-anak dan mereka lupa akan kegiatan anak-anak yang seharusnya. 

Pada zaman dahulu, anak-anak bangsawan belajar tentang adab dan sopan santun ketika makan, tidur, bertemu orang, dsb. Dengan kata lain mereka masih memiliki waktu untuk belajar akhlak. Waktu sisanya mereka gunakan untuk belajar dan bermain. Pada zaman ini, anak-anak sibuk akan sekolahnya dan tak ada waktu untuk kegiatan lain. Sekolah pun mengajarkan akhlak, namun jika satu guru memegang banyak siswa tak semua siswa dapat diperhatikan oleh guru. 


Jika seorang anak berbuat salah dalam masyarakat, tentu semua orang akan bertanya “apakah orang tuamu tidak mengajarimu sopan santun?”


Namun, kapankah orang tua bisa mengajari akhlak? Ditambah lagi jika diterapkan full day school, pulang malam belum ditambah tugas-tugas. Keluarga sebagai madrasah pertama bagi anak-anak tak akan mampu memberikan pelajaran tentang akhlak, bagaimana mereka akan memberikan teladan jika yang diberi teladan tak ada waktu untuk memperhatikan. 

Sedangkan sekolah pun tak dapat bertanggung jawab terhadap akhlak anak-anak karena mereka mengurus ratusan siswa. Akhlak sendiri merupakan komponen terpenting dalam kehidupan manusia, tak akan ada perpecahan, kerusuhan, dan tindak kriminal jika setiap anak memiliki akhlak. 


Di masa depan anak-anak yang berakhlak akan memiliki prinsip dan integritas yang kuat di segala kondisi, sehingga ketika mereka mendapat musibah jalan pintas tak akan dipilihnya. Tak ada yang salah karena sistem lah yang seharusnya diperbaiki, yaitu dengan mengembalikan istilah sekolah pada asalnya yaitu waktu luang yang tidak menguras waktu untuk kegiatan yang lain. 


Perbanyak waktu bersama keluarga karena keluargalah madrasah dan teladan pertama bagi anak-anak. Sekolah adalah tempat belajar bukan tempat menitipkan anak. Jangan sampai sekolah memisahkan hubungan orang tua dengan anak.

Wallahualam bishawab.  

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malas, sudut pandang Kimia

Memang malas bisa dipelajari dari kimia? Jawabannya Ya. Tentu bisa.  Kenapa bisa begitu?  Karena manusia sendiri adalah makhluk kimia. Coba kita bedah badan kita, dari yang paling umum deh. Kita hidup butuh bernafas, nah yang kita hirup itu oksigen (O2). Senyawa kimia kan? kemudian ketika oksigen masuk ke dalam tubuh siapa yang mengikat oksigen? Darah. Iya darah. Darah itu apa sih? Kok bisa mengikat oksigen? Tentu saja darah itu senyawa kimia Struktur darah merah (sumber:sigmaaldrich.com) Nah itu baru darah. Belum yang lainnya, misal di dalam tubuh kita ada enzim.  Kalau buka kamus enzim itu biokatalisator. Katalis sendiri adalah senyawa yang berfungsi untuk mempercepat suatu reaksi, atau isitilah kerennya menurunkan energi aktivasi.  Gak perlu dijelaskan apa itu energi aktivasi karena ini bukan kuliah tentang reaksi kimia ya. Nah terus enzim itu sebenarnya apa sih kok bisa mempercepat reaksi. Enzim itu suatu protein. Protein itu setau kita kan nutrisi tub

Kenali Musuhmu

Haram Sayyidah Fathimah Al Maksumah Zhareeh Imam Khomeini Benarkah kita Husseiniyyah? Refleksi Asyura Oleh:  Mahdiya AzZahra . Bismillahirrahmanirrahim Allahumma shalli ala Muhammad wa ali Muhammad  . Siapakah musuh kita yang sesungguhnya?  Banyak dari kita saat ini saling membenci, mengumpat, melontarkan ujaran kebencian, menyindir, mencibir, bahkan mungkin dengan kata2 yang tidak pantas diucapkan oleh orang yang mengaku beragama, mencelakai, menyakiti, meneror, dsb. Agama berisi syariat yang sesuai dengan jiwa manusia dan mengantarkannya menuju kesempurnaan. . Faktanya, orang2 yang mengaku beragama justru bertolak belakang dari hakikat agama itu sendiri. Darimanakah ini semua berasal? Sesungguhnya apa dan siapa yang kita benci? Kita sebut kelompok lain adalah musuh kita. Marilah kita berpikir kembali benarkah ia musuh kita?  . Apakah ia Syimran (pembunuh Imam Hussein) ataukah ia Yazid (tuannya Syimran) atau justru ia adalah pengikut Imam Hussein. Syimran dengan jelas mengata

Rumah Imam Khomeini

Tempat Imam menyampaikan kajian Kitab-kitab karya Imam Ruangan  Pintu dalam rumah Imam Pintu depan rumah Imam Di rumah ini pertama kalinya Imam Khomeini menyuarakan perlawanannya terhadap rezim. Di rumah ini pula Imam dikepung oleh tentara rezim. Ketika para tentara itu mengepung rumah Imam, Imam mengatakan pada keluarganya, "Kalian tidak ada urusannya dengan mereka, tetaplah disini dan biarkan aku yang menghadapi mereka sendiri." Kemudian Imam keluar rumah, seketika para tentara itu gemetar karena aura sufi sang Imam, betapa mulianya Imam Khomeini hingga para tentara yang baru melih atnya saja sudah gemetar. Para tentara dengan tubuh yang masih bergetar itu akhirnya membawa Imam menuju Tehran untuk diasingkan dan sepanjang perjalanan itu pula para tentara gemetar merasakan aura Sang Sufi itu. Imam kemudian diasingkan ke Irak, Turki, dan Perancis. Rumah Imam Khomeini itu kemudian dijadikan basis perlawanan terhadap rezim hingga akhirnya r